Tak Ngoding: COBIT | AIC | AIDA | TOGAF | Zachman | Kansei | ITIL | Usability | UI/UX

Ngoding: Native PHP| CI | Laravel || Tentang | Kontak | Privacy Policy | Disclaimer | DMCA Policy

Apa Itu e-Government? Top 5 Negara Terbaik e-Government 2020

Definisi e-Government

Pemerintah elektronik (atau e-Government) adalah penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk fungsi dan prosedur pemerintah dengan tujuan meningkatkan efisiensi, transparansi, dan partisipasi warga negara.

 

Apa itu Pusat Layanan e-Government?

Pusat Layanan e-Government telah didirikan dengan tujuan memungkinkan peningkatan jumlah administrasi publik untuk memiliki akses ke layanan pemerintah elektronik. Tujuannya adalah untuk administrasi publik yang berbeda untuk berbagi infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia yang terkait dengan proyek pemerintah elektronik untuk mengurangi biaya akses ke layanan tersebut.

 

Pusat Layanan e-Government bermanfaat bagi warga negara

Melalui penciptaan pusat-pusat layanan ini, yang beroperasi berdasarkan infrastruktur yang menggabungkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kemungkinan ditingkatkan untuk berkembangnya teknologi baru dalam pengoperasian berbagai kota. Masuknya teknologi baru akan menghasilkan manfaat bagi komunitas yang terlibat sampai ke tingkat individu warga negara.

 

Selain itu, Pusat Layanan e-Government akan menawarkan menu solusi pemerintahan elektronik yang paling banyak diminta, dan pemerintah kota akan diminta untuk membayar hanya sesuai dengan tingkat penggunaan layanan ini.

Sumber: http://portal.oas.org/portal/sector/sap/departamentoparalagesti%C3%B3np%C3%BAblicaefectiva/npa/sobreprogramadeegobierno/tabid/811/default.aspx?language=en-us

 

Tiga Jenis Layanan e-Government

Ada tiga jenis umum sistem dan layanan e-Government, yaitu:

1. pemerintah ke pemerintah (government to government-G2G),

2. pemerintah ke warga negara (government to citizen-G2C),

3. pemerintah ke bisnis (government to business-G2B).

Sumber: https://www.semanticscholar.org/paper/There-are-three-general-types-of-e-Government-and/1335872c7574b1d069c1693f7748733688643e4e

 

Negara Terbaik e-Government Tahun 2020 Menurut PBB

Pemeringkatan tahun 2020 dari 193 Negara Anggota PBB dalam hal pemerintahan digital – mencakup cakupan dan kualitas layanan online, status infrastruktur telekomunikasi, dan kapasitas manusia yang ada – dipimpin oleh Denmark, Republik Korea, dan Estonia, diikuti oleh Finlandia, Australia, Swedia, Inggris, Selandia Baru, Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Islandia, Norwegia, dan Jepang.

 

Di antara negara-negara kurang berkembang, Bhutan, Bangladesh, dan Kamboja telah menjadi pemimpin dalam pengembangan pemerintahan digital, naik dari kelompok Indeks Pembangunan E-Government (EGDI) menengah ke atas pada tahun 2020. Mauritius, Seychelles, dan Afrika Selatan memimpin e -Pemerintah peringkat di Afrika. Secara keseluruhan, 65 persen Negara Anggota berada pada level EGDI tinggi atau sangat tinggi.

 

Respons pemerintah digital yang inovatif terhadap COVID-19 mencakup dasbor online di Kanada dan Australia untuk berbagi informasi dan melacak respons darurat. Di Cina, chatbot digunakan untuk menilai risiko pasien terinfeksi. Aplikasi keterlibatan komunitas di Estonia memungkinkan pemerintah daerah untuk berinteraksi langsung dengan konstituen mereka, termasuk melalui berbagi informasi COVID-19, memposting foto dan video, dan bahkan mengadakan acara virtual. Di Kroasia, "dokter virtual" didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi bekerja sama dengan ahli epidemiologi. Di London, penggunaan kamera, sensor, dan algoritme AI, yang biasanya ditujukan untuk mengontrol lalu lintas, kini mengukur jarak antar pejalan kaki untuk mengontrol jarak sosial.

Sumber: https://www.un.org/development/desa/publications/publication/2020-united-nations-e-government-survey

 

Di antara negara-negara kurang berkembang, Bhutan, Bangladesh, dan Kamboja telah menjadi pemimpin dalam pengembangan pemerintahan digital.

Sumber: https://www.gsdmagazine.org/these-five-countries-top-the-2020-e-government-ranking/

 

Comments