Tanpa Ngoding: COBIT | AIC | AIDA | TOGAF | Zachman | Kansei Engineering | ITIL | Usability | UI/UX

Ngoding: Native PHP| CI | Laravel || Tentang | Kontak | Privacy Policy | Disclaimer | DMCA Policy

Cara Membuat Skripsi Tanpa Ngoding Menggunakan COBIT

Berikut ini langkah-langkah membuat skripsi tanpa ngoding menggunakan Franework COBIT untuk program studi Sistem Informasi:

Tahap 1: Membaca referensi COBIT

Membaca sekilas tentang Cobit agar muncul percaya diri bahwa kita akan membuat skripsi tentang Cobit, misalnya apakah Cobit itu ada dalam skripsi orang lain dan tahun pembuatannya kurang dari 10 tahun yang lalu. Untuk saat ini banyak yang membahas COBIT 5, tapi ada yang lebih baru, yaitu COBIT 2019*. Kalau memungkinkan bisa mencari referensinya, lebih baik pilih COBIT 2019.

Tahap 2: Menentukan 1 skripsi pilihan

Mencari skripsi milik orang lain yang membahas Cobit (antara 1 sampai 5 skripsi). Tentukan 1 skripsi yang akan dijadikan contoh utama skripsi kita, yang paling mirip alur ceritanya dan dapat difahami. Banyak melihat skripsi itu bagus tapi hati-hati bisa membuat kita malah bingung, maka prioritaskan skripsi pilihan cukup 1 atau 2 saja. Yang lain jadikan referensi tambahan saja.

Tahap 3: Pastikan kita memahami 1 skripsi pilihan

a. Baca Bab 3, benarkah ada tahapan COBIT-nya sesuai versi yang diinginkan oleh kita?

a. Baca Bab 4, apakah hasilnya sesuai keinginan kita? Apakah kita memahami sebagian besar Bab 4 itu?

 

Tahap 4: Pastikan skripsi pilihan ada kuesionernya

Apakah skripsi pilihan kita menampilkan kuesionernya? Sebaiknya yang ada kuesioner lengkap agar kita lebih mudah. Jika skripsi pilihan kita menampilkan kuesioner, tapi kita ingin menggunakan referensi jurnal aga lebih valid, boleh. Artikel jurnal biasanya jarang menampilkan kuesioner secara lengkap. Jadi, jurnal itu sebagai referensi yang akan ditampilkan di daftar pustaka skripsi kita, sedangkan gambaran lengkapnya tetap dari skripsi orang lain. Dengan demikian, jurnalnya boleh lebih dari satu.

Adapun letak kuesioner di skripsi biasanya ada di lampiran atau di Bab 3. Seringkali di lampiran, setelah Bab Penutup (Kesimpulan). Untuk level S1, kita cukup menggunakan kuesioner yang sudah ada di referensi yang kita pilih, tentu saja harus sesuai persetujuan pembimbing, barangkali ada tambahan pertanyaan, edit pertanyaan, atau masukan lainnya. Oleh karena itu, referensi utama tentang kuesioner yang akan kita gunakan, tampilkan di drat skripsi kita. Bahkan kalau memungkinkan, kita bisa memperlihatkan kuesioner asli dari sumbernya.

Tahap 5: Membuat Judul

Membuat judul dengan cara melihat judul skripsi pilihan kita di tahap 2. Sebenarnya pada tahap ini, saya menyebutnya bukan judul, tapi tema agar nanti ketika kita sudah banyak menulis skripsi masih nyaman mengganti tema tersebut sehingga fix menjadi judul skripsi andalan kita. Tidak takut berubah judul.

Langkah awal membuat judul agar berbeda dengan skripsi orang lain antara lain:

a. Masukkan model/metode/framework apa yang akan kita gunakan, misal COBIT 2019

b. Masukkan objek/tempat penelitian, misal di Universitas Katabah.

Contoh:

Skripsi orang lain: Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Balai Penelitian Sungei Putih Menggunakan Framework Cobit 2019 

Skripsi kita: Audit Sistem Informasi Pada Universitas Katabah Menggunakan COBIT 2019

Itu langkah sederhana membuat judul skripsi. Kalau ingin beda lagi bisa. Dalam skripsi COBIT, biasana tidak membahas semua variabel/pertanyaan dari COBIT tapi hanya beberapa level saja. Dengan demikian, kita bisa menampilkan fokus COBIT kita apa, kemudian munculkan di judul. Akan tetapi, tahap awal seperti judul di atas sudah cukup lolos skripsi.

Tahap 6: Membuat kuesioner

Untuk level skripsi, kita cukup membuat kuesioner tersebut (dari referensi) dalam Google Form, kemudian sebar ke responden target kita, misal 20 atau 100 karyawan universitas. Setelah jawaban terkumpul, kita analisis sehingga kita bisa menyimpulkan apakah Tata Kelola Sistem Informasi Universitas Katabah sudah sesuai COBIT 2019 atau belum.

Tahap-tahap di atas baru persiapan menyusun skripsi, belum menyusun skripsinya dari Bab 1-3. Akan tetapi jika tahapan di atas sudah berjalan dengan baik, maka Bab 1-3, bahkan semua bab bisa berjalan dengan baik karena bahan untuk isi skripsi sudah kita miliki. Jadi, tantangan berikutnya adalah Sistematika Penulisan Skripsi.

 

Tahap 7: Bersambung 


**

Contoh Singkat Kesimpulan Skripsi COBIT 2019

Balai Sungei Putih berada pada APO12 yang memiliki capability pada level 2 dengan nilai pencapaian yaitu 87%. APO12 merupakan tingkat kemampuan objektif proses yang menyatakan bahwa kegiatan telah berjalan akan tetapi belum dilakukan dengan baik. APO13 memiliki tingkat kemampuan pada level 1, yakni keamanan informasi pada TI perusahaan belum ada plan khusus.

Sumber

Comments